5 Cara Mendidik Anak Menurut Islam

5 Cara Mendidik Anak Menurut Islam

Dream - Setiap orang tua muslim pasti tahu bagaimana susahnya mendidik anak tentang ajaran-ajaran Islam. Bagaimana cara kita mengajarkan salat, membaca Aquran dan pendidikan moral yang baik sesuai dengan ajaran Islam.



Anak-anak sangat mudah terpengaruh dengan kondisi lingkungan di sekitar mereka. Terlebih, di zaman sekarang sangat sulit menunjukkan kepada anak-anak kita tentang lingkungan Islam yang ideal. Lingkungan, sekolah, media, teman, bahkan anggota keluarga sendiri, terkadang susah menampilkan bagaimana seorang muslim yang baik.

Peran orangtua sangat penting dalam menentukkan karakter anak yang mengerti nilai-nilai Islam sampai mereka dapat mengamalkannya. Memberikan contoh dan menunjukkan pilihan-pilihan terbaik kepada anak, bisa menjadi solusi bagi para orang tua.

Ada 5 cara mendidik anak menurut Islam menurut Yayasan Penny Appeal yang dilansir dari The Muslim Vibe. Apa saja itu?

Salat yang Kid-friendly
Gerakan dan bacaan salat mungkin akan sulit dipelajari oleh pemula, seperti anak-anak. Namun, ada cara mudah membantu anak dalam memahami makna salat. Ajak anak untuk menunaikan salat bersama, namun jangan pernah paksa dia dan menakuti dengan berbagai ancaman. Hal tersebut dapat membuat anak ketakutan.

Cara mudahnya adalah dengan memberikan contoh yang baik, ajak anak pelan-pelan tanpa paksaan. Apabila perlu ajarkan dan beri contoh melalui mainannya. Seperti boneka, dan mainan yang dibuat khusus untuk belajar salat bagi anak-anak.

Dengan mengajarkan salat, anak-anak akan mempelajari banyak hal. Seperti perbedaan posisi imam dan makmum, yakni soal kepemimpinan. Dan masih banyak hal lagi pelajaran yang akan diambil oleh anak, apabila orang tua memberikan penjelasan yang baik tentang makna dari salat.
Ajarkan Hadist
Ada banyak hadist-hadist indah yang bisa kita bagikan kepada anak. Tentunya hadist tersebut dipenuhi dengan kebijaksanaan Rasulullah SAW, yang bisa menjadi contoh baik bagi anak. Seperti hadist Bukhari Muslim di bawah ini yang baik untuk anak dalam mempelajari persamaan dan kasih sayang,

“Salah seorang di antara kalian tidaklah beriman (dengan iman sempurna) sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari no. 13 dan Muslim no. 45).

Masih banyak contoh hadist lainnya yang bisa kita ajarkan kepada anak. Untuk mempermudah kita dalam mencari hadist yang baik, ada banyak judul buku kumpulan hadist untuk anak, yang bisa dibeli di toko buku terdekat.
Menceritakan Pengalaman Kita
Sebagai seorang yang sudah dewasa, orangtua pasti punya lebih banyak pengalaman yang menginspirasi. Cerita-cerita pengalaman yang mengesankan dan terinspirasi dari Al-Quran, mungkin bisa dicertikan pada sang anak.

Bercerita kepada anak, itu berarti kita juga harus memperluas wawasan kita dengan membaca. Baca buku-buku inspiratif tentang ajaran Islam, seperti Under My Hijab, atau Hassan and Aneesa Love Ramadan dan judul buku anak islami lainnya.

Bercerita kepada anak tentang cerita-cerita hebat yang inspiratif bisa menjadi cara mudah dan menyenangkan untuk mendidik anak sesuai dengan ajaran Islam.
Mengenalkan Tokoh-tokoh Islam
Di zaman globalisasi seperti saat ini, arus informasi menjadi sangat cepat, luas, dan mudah diakses. Begitupun anak-anak yang cenderung penasaran dengan hal-hal baru, seperti apa yang ada di televisi maupun di gadget. Dengan membatasi akses informasi saja, tidak akan cukup mengurangi rasa penasaran anak.

Kenalkan tokoh-tokoh Islam atau selebriti Islam yang bisa menjadi contoh dan sumber informasi bagi anak.  Tidak hanya ditayangkan di TV saja, pada channel Youtube-pun banyak tokoh-tokoh Islam yang ramah anak.
Mulai Dari Diri Kita
Anak-anak akan lebih percaya pada apa yang kita lakukan dan ucapkan. Dan, cara mendidik anak menurut ajaran Islam yang baik adalah dengan memperkuat iman kita.

Anak-anak akan mencontoh apa yang kita lakukan dan ucapkan, oleh sebab itu, sebagai orangtua kita harus berhati-hati.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Cara Mendidik Anak Menurut Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel